Undangan Kampanye Anti Korupsi dan Membangun Kemitraan Untuk Memperkuat Jaringan Anti Korupsi Nasional

Kepada Yth.

BEM Universitas, LSM, Media Online/cetak  dan Aktivis Anti Korupsi

di Yogyakarta

 


Dengan hormat,

Selama tahun 2011 SIDAK telah menyelanggarakan tiga (3) kali pelatihan Citizen Journalism for Anti Corruption (CJAC) yang melibatkan aktivis mahasiswa dan LSM anti korupsi dari seluruh Indonesia. Dari pelatihan ini muncul kebutuhan yang lebih nyata dari sejumlah peserta yang aktif di gerakan/pers mahasiswa dan LSM serta para nara sumber untuk membangun jaringan nasional yang lebih berdaya dalam menghadapi berbagai kasus korupsi di Indonesia.

Dari berbagai kasus korupsi yang pernah terjadi menunjukkan adanya jaringan pelaku korupsi yang melibatkan aparat hukum, eksekutif, politisi dan premannya.  Jaringan tersebut sangat berat untuk dihadapi oleh lembaga anti korupsi yang bergerak di bidang penindakan jika berdiri sendiri. Banyak kasus yang dihadapi oleh aktivis anti korupsi yang mengalami kekerasan dari jaringan pelaku korupsi tersebut.  Hal ini berakibat pada masyarakat yang menjadi takut untuk melaporkan kasus korupsi di wilayahnya.

Selain itu, aktivis anti korupsi seringkali menghadapi kendala untuk mempublikasikan data terkait korupsi yang mereka peroleh. Banyak kasus menunjukkan bahwa di tingkat daerah ada sejumlah industri media yang menerima ‘uang diam’ dari pelaku korupsi melalui jaringannya, bahkan ada pula industri media yang memperoleh dana APBD sehingga merasa berhutang budi kepada pimpinan daerah. Lebih dari itu, adapula aparat hukum yang membekukan kasus korupsi tanpa alasan yang jelas meskipun bukti dugaan korupsi sangat kuat.

Sehubungan dengan masalah tersebut, aktivis anti korupsi merasa perlu untuk membangun jaringan nasional guna memperkuat posisi gerakan antikorupsi yang berskala nasional sehingga saling membantu dan mendukung anggota jaringan.

Oleh karena itu, kami mengundang BEM Universitas, LSM, Media Online/cetak  dan Aktivis Anti Korupsi

untuk berpartisipasi dalam  Acara yang bertemakan ” “Kampanye Anti Korupsi dan Membangun Kemitraan Untuk Memperkuat Jaringan Anti Korupsi Nasional. , yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal       : Jumat dan Sabtu, 21 dan 22 Oktober  2011

Waktu                : 07.30 – 16.30 WIB

Tempat               : Ruang Sundak. Puri Artha Hotel, Jl. Cendrawasih No 36 Yogyakarta

 

Demikian undangan kami sampaikan. Atas partisipasi dan perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

 

Salam Antikorupsi

Aris Arif Mundayat, Ph.D

Direktur

 

NB : Peserta tidak dipungut bayaran (gratis). Peserta Terbatas! Mohon konfirmasi kehadiran kepada  Pelaksana Program, Saudari Naina di Nomor 08 1313 9494 25. 


Download :


  Bagikan informasi ini ke teman Anda :  


Administrator
tanggal 20 Oktober 2011

Rating : 0
Rating :


  • Silahkan login terlebih dahulu, untuk memberi komentar.


  • Tentang Korupsiana

    Silakan berbagi opini dan komentar tentang korupsi. Disini anda bisa :