Divonis 18 Bulan Karena Korupsi Normalisasi Muara Pantai Karangantu Banten, Iing Hanya Tertunduk

Iing Suwargi, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) Provinsi Banten hanya bisa tertunduk saat mendengarkan putusan Pengadilan Tipikor Serang yang menvonisnya 18 bulan penjara, Selasa (27/9) dalam perkara dugaan korupsi proyek Normalisasi Muara Pantai Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang Rp4,8 miliar.

Majelis Hakim yang diketuai Ni Putu Sri menyatakan, Iing terbukti melanggar Pasal 3 jo Pasal 18a UU No 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Pemberantan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. “Menjatuhkan pidana terhadap terdawa, pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan dan denda sebesar Rp50 juta subsider 1 bulan kurungan,” kata Ni Putu Sri Indayani.

Menurut Ni Putu, hal yang memberatkan Iing adalah keterangannya yang berbelit-belit dalam persidangan dan telah mencederai kepercayaan publik sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Hal yang meringankan, Iing berlaku sopan selama persidangan dan belum pernah dihukum.

Di akhir sidang, Iing langsung menandatangani Nota Banding. Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejati Banten masih pikir-pikir.

“Percuma saja enam bulan saya diadili kalau fakta-fakta persidangan tidak menjadi pertimbangan. Saya mengajukan banding. Saya sudah siap dengan konsekwensinya. Saya akan terus mencari keadilan, apa pun resikonya,” kata Iing merasa didzholimi oleh penegak hukum.

Hasil audit penyidik Polda Banten dalam proyek normalisasi itu menunjukan adanya kekurangan volume pekerjaan dan pemilik perusahaan pemenang lelang tidak merasa mengikuti pelelangan. Pemilik perusahaan pemenang lelang menegaskan tidak pernah mengerjakan proyek Normalisasi Muara Pantai Karangantu. (g)


  Bagikan informasi ini ke teman Anda :  


Oetjoe Gabriel Jauhar
tanggal 30 September 2016

Rating : 0
Rating :


  • Silahkan login terlebih dahulu, untuk memberi komentar.


  • Tentang Korupsiana

    Silakan berbagi opini dan komentar tentang korupsi. Disini anda bisa :